Hak Paten “Eye Tracking” Apple

Selain gencar mengembangkan fitur – fitur baru, Apple juga sangat gencar dalam berusaha untuk mematenkan setiap inovasi – inovasi miliknya. Terakhir Apple berhasil mendapatkan paten untuk fitur kamera digital yang di aktifkan dengan menggunakan remote-control. Dan informasi terbaru lagi menyebutkan bahwasanya Apple baru saja mendapatkan satu lagi paten untuk inovasi yang mereka buat yaitu teknologi pelacak mata  atau Eye-Tracking.

Teknologi baru dari Apple ini sepertinya selain akan diterapkan pada perangkat iOS juga akan di gunakan Apple untuk komputer Mac. Sebenarnya hak paten dengan nomor 8.937.591 yang dikeluarkan oleh kantor Patent and Trademark Amerika serikat ini memerlukan proses yang panjang. Apple mengajukan paten ini sekitar 3
Advertisement
tahun yang lalu yakni pada bulan April tahun 2012. Namun baru tahun ini USPTO (United State Patent and Trademark Office) mengeluarkan nomor hak patent atas nama David P. Julian.

Dan jika teknologi Eye-Trakcing ini diterapkan pada perangkat iOS dan OS X maka nantinya keduanya sangat memungkinkan untuk mendeteksi pergerakan mata penggunanya.
Sumber: http://ipanduan.com/3123/apple-mendapatkan-hak-paten-eye-tracking-dari-uspto/

Analisis
Eye Tracking yang ditemukan oleh Apple merupakan suatu inovasi baru dalam dunia teknologi. Teknologi pelacak mata ini akan mendeteksi pergerakkan mata penggunanya saat menggunakan produk dari Apple. Teknologi ‘Eye Tracking’ ini sebenarnya sudah telah lama dilakukan penelitian sekitar tahun 1870-an, dimana gerakan mata dideteksi dari perbedaan tegangan antara dua elektroda. Gerakan mata dideteksi dari perbedaan tegangan antara dua elektroda. Penelitian berlanjut dengan penggunaan koil (Scleral Search Coil) pada tahun 1963. Lensa kontak berisi dua koil induksi dimasukkan ke dalam mata. Pasien didudukkan di sebuah ruangan dengan medan elektromagnetik seragam yang berguna untuk membangkitkan tegangan induksi pada koil tersebut. Kabel tipis menghubungkan koil dengan dengan sebuah mesin khusus yang berfungsi mentranslasikan tegangan induksi pada koil menjadi sudut gerakan mata. (http://sunu.staff.ugm.ac.id/2014/02/21/eye-tracking-definisi-dan-aplikasi/).

Dengan adanya ‘Eye Tracking’ pada Produk Apple, akan memberikan inovasi baru didunia teknologi. Diharapkan adanya teknologi ini bisa memberikan dampak baik terhadap dunia teknologi juga pengguna produk Apple.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s