Perbedaan Hacker & Cracker

Pengertian Hacker adalah seseorang atau kelompok yang memberikan sumbangan yang bermanfaat terhadap dunia jaringan internet, sistem operasi, serta memberikan bantuan untuk dunia internet dan komputer. Pekerjaan hacker juga dapat dikategorikan sebagai seseorang yang mencari kelemahan dari suatu sistem dan memberikan ide untuk dapat menutup celah atau kelemahan dari sistem yang telah di temukan tersebut. Dengan kata lain itu adalah hacker baik namun ada juga hacker yang tak bertanggung jawab yang di sebut sebagai cracker .

Pengertian Cracker adalah sebutan untuk seseorang yang mencari kelemahan sistem serta memasukinya guna kepentingan dirinya sendiri atau pribadi yang mencari keuntungan dari sistem yang di masukinya seperti halnya sama dengan pencurian data, penggantian atau manipulasi data, penghapusan data, dan lain sebagainya. Terdapat juga tool yang digunakan untuk memasuki sistem sebagai alat bantunya.

Persamaan Hacker dan Cracker:

Sama-sama melakukan aktivitas penyusupan terhadap jaringan. Keduanya berusaha untuk mendapatkan akses terhadap semua user di dalam jaringan tersebut.

Perbedaan Hacker dan Cracker:

1. Cracker biasanya bertujuan untuk melakukan pengrusakan, misalnya mengubah data pengguna, menyebarkan virus, menghapus data, bahkan mengubah tampilan situs (defacing).Cracker berkonotasi negative dibandingkan dengan Hacker.

2.. Hacker biasanya hanya menembus ke dalam jaringan dan memberitahukan bahwa ada kelemahan dalam jaringan yang sudah berhasil ditembusnya tersebut, agar dapat lebih disempurnakan lagi.

Sumber:

http://tech.dbagus.com/perbedaan-hacker-dengan-cracker

https://ziiah09.wordpress.com/apa-perbedaan-dan-persamaan-hacker-dan-cracker/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s