Sejarah Visual Basic

->> 20 Mei 1991
Microsoft merilis Visual Basic versi 1.0 untuk Windows di Windows World 1991, Atlanta, Amerika Serikat. Programmer dapat membuat antar muka pengguna dengan mudah. Pembuatan aplikasi bisa lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Kode ditulis oleh programmer untuk memberikan aksi terhadap Event dari pengguna (bagaimana pengguna merespon kepada object yang terdapat di antar muka pengguna).
->> 1 September 1992
Microsoft mengumumkan Microsoft Visual Basic for MS-DOS dalam edisi standard dan Professional. Seperti Visual Basic untuk Windows, versi ini mengkombinasikan kemudahan pendisainan secara grafis dengan kekuatan dan keunggulan dalam banyak hal di pemrograman tradisional.
->> 2 November 1992
Microsoft mengumumkan kemampuan dari Visual Basic versi 2.0 untuk Windows pada edisi Professional dan Standard. Versi ini menyertakan lebih dari 300 fitur baru dan peningkatan untuk pengembangan aplikasi yang lebih cepat, pengaksesan ke fitur-fitur tingkat lanjut di Windows dan produktivitas pengembang yang lebih besar lagi. Di antaranya : MDI Forms, ODBC dan variabel objek.
->> 14 Mei 1993
Micrososft mengumumkan Visual Basic versi 3.0 untuk edisi Standard dan Professional. Versi 3.0 menyediakan kemudahan akses ke berbagai sumber data yang banyak dengan mengintegrasikan mesin database Microsoft Access Database for Windows 1.1 dan kemampuan di bidang aplikasi melalui Obyect Linking and Embedding (OLE) 2.0. Selain itu juga ditambahkan tools baru berupa controls baru, penggunaan yang lebih muda dan sebuah peningkatan standarisasi kontrol bagi pengguna.
->> 29 Juni 1993
Microsoft mengumumkan bahwa Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) akan diintegrasikan ke dalam Microsoft Excel 5.0 dan Microsoft Project 4.0. Visual Basic akan melayani bahasa Macro yang umum diversi yng akan datang dari aplikasi-aplikasi Windows dan Macintosh. Fitur Macro yang umum untuk aplikasi dan OLE 2.0, keduanya merupakan elemen penting divisi dan strategi Microsoft untuk aplikasi yang dapat diprogram yang akan memberikan kemampuan bagi pengguna untuk mengintegrasikan aplikasi-aplikasi, tugas-tugas otomatis dan pembuatan solusi yang bersifat kostumais. VBA memiliki mesin pengembangan tangguh dan fleksibel yang sama yang membuat Visual Basic menjadi terkenal, teknologi pemrograman yang memperoleh penghargaan.
->> 14 November 1994
Visual Basic versi 4.0 untuk Windows didemonstrasikan di Fall/COMDEX ’94 di Las Vegas. Demonstrasi ini berfokus pada perannya sebagai aplikasi berbasis Windows 32-bit pertama yang menggunakan kontrol kostumais OLE (OCXs) komponen perangkat lunak yang dapat digunakan kembali yang ditetapkan dengan spesifikasi OLE. Pada versi ini diperkenalkan Class, OXC’s dan programmer dapat membuat add-ins sendiri dengan mudah.
->> 12 September 1995
Visual Basic versi 4.0 untuk MS-DOS, Microsft Windows NT dan Windows 95 diumumkan. Untuk meningkatkan edisi Standard dan Professional, maka Edisi Enterprise yang baru diperkenalkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan team pengembang. Semua versi menyertakan dukungan teknologi OLE yang lebih dikembangkan, perbaikan akses data, sebuahl lingkungan pengembangan yang bersifat visual dan migrasi ke Windows 95 dan Windows NT untuk aplikasi-aplikasi yang sudah ada.
->> 7 Desember 1995
Microsoft mengumumkan Microsoft Visual Basic Scipting Edition(VBScript), sebuah bahasa skrip internet berbasiskan pada Visual Basic. VBScript merupakan sebuah skrip dengan performansi yang tinggi yangdi disain untuk membuat isi yang bersifat aktif pada suatu situs. VBScript membolehkan pengembang untuk mengaitkan dan mengotomatisasikan berbagai jenis object di halaman situs, termasuk object OLE. VBScript menjadi sebuah spesifikasi yang diusulkan berlisensi gratis yang tersedia bagi komunitas Internet.
->> 3 Februari 1997
Microsoft membuka sistem pemrograman Visual Basic versi 5.0, Edisi Professional-tool versi terakhir yang paling terkenal di dunia untuk membangun aplikasi yang tangguh RAD (Rapid Application Development) tool. Fitur-fitur Visual Basic versi 5.0 terdiri dari sejumlah performasnsi yang signifikan dan peningkatan produktivitas yang akan membuat para pengembang lebih efisien dan fleksibel serta cepat dalam memberikan solusi bagi pengguna akhir. Fitur-fitur tingkat lanjut- seperti kompilasi berjenis native code, akses database berkecepatan tinggi dan sebuah lingkungan pengembangan yang ditingkatkan – membuat Visual Basic versi 5.0 menjadi versi yang paling hebat. Sebagai tambahan, kemampuan teknologi pembuatan komponen Microsoft ActiveX di Visual Basic versi 5.0 akan membolehkan lebih dari 3 juta pengembang menggunakan Visual Basic dalam membuat aplikasi yang berbasis pada komponen yang bertujuan untuk digunakan di Internet, intranet dan lingkungan tradisional client/server.
->> 10 Maret 1997
Versi terakhir yang dirilis dari Visual Basic 5.0, Edisi Pembuatan Kontrol tersedia. Edisi Pembuatan Kontrol adalah cara mudah untuk membuat ActiveX Controls bagi Internet, intranets dan aplikasi client/server.
->> 15 Juni 1998
Microsoft mengumumkan Visual Basic versi 2008 dan dimasukkan ke dalam Microsoft Visual Basic Studio versi 2008. Fitur-fitur Visual Basic versi 2008 menyediakan pengaksesan data secara terintegrasi dan bersifat grafis ke sumber data (data source) ODBC atau OLE DB manapun dan perangkat tembahan database yang didisain untuk database Oracle dan Microsoft SQL Objects (ADO) untuk memanipulasi dan membuat database. Fitur Pengembangan Situs membawa kemudahan dalam penggunaan, model pemrogramanberbasis komponen dari Visual Basic untuk membuat HTML dan Dynamic HTML(DHTML) berbasis aplikasi. Fitur-fitur baru ini dikombinasikan dengan optimasi performansi, pengembangan aplikasi yang disederhanakan dan debugging dan dukungan untuk Microsoft teknologi server membuat Visual Basic versi 2008 sebuah pilihan yang ideal untuk membangun aplikasi berskala perusahaan.
->> 2 September 1998
Visual Studio 2008, solusi tool pengembangan lengkap berskala perusahaan tersedia. Visual Studio 2008 menyertakan Visual Basic versi 2008, Microsoft Visual C++, Microsoft Visual FoxPro, Microsoft Visual InterDev Web, dan Microsoft Visual J++. Lebih dari 115 perusahaan papan atas mengumumkan dukungan terhadap Visual Studio 2008.
->> 28 April 1999
Lingkungan pengembangan VBA versi 2008 dan Software Development Kit (SDK) VBA (SDK) versi 2008 tersedia bagi vendor perangkat lunak pihak ketiga melalui program lisensi VBA. VBA 2008 merupakan sebuah teknologi pengembangan yang tangguh untuk aplikasi yang dikemas secara kostumais dan merupakan sebuah komponen utama di Microsoft Office 2000.
->> 15 Februari 2000
Steve Ballmer, presiden yang ditunjuk dan CEO dari Microsoft Corporation, berbicara kepada lebih dari 2000 pengembang dalam pidatonya pada Visual Basic Indisers Technical Summit (VBITS), menyatakan visi Microsoft terhadap situs yang dapat diprogram dan memaksa kembali komitmen perusahaan yang dalam terhadap para pengembang Visual Basic.
->> 11 Juli 2000
Microsoft menyampaikan Tool Platform.NET untuk XML Web Services. Dalam pidatonya yang ditunjukan pada acara Microsoft Professional Developers Conference (PDC) 2000 yang kedelapan, Paul Maritz, wakil presiden kelompok Platforms Group di Microsoft, memperlihatkan Microsoft.NET Framework dan Microsoft Visual Studio.NET. Ini merupakan versi terakhir dari perangkat pengembangan yang digunakan di seluruh dunia, Visual Studio.NET menyediakan dukungan untuk pengembangan drag-and-drop terhadapa XML Web Services. Secara bersama, kedua produk tersebut menyediakan produktivitas yang tinggi kepada para pengembang, suatu lingkungan yang terdiri dari banyak bahasa untuk pembangunan, pengantaran, dan pengintegrasian XML Web Services pada platform Microsoft.Net
->> 13 November 2000
Microsoft mengumumkan kemampuan Visual Studio.Net versi Beta 1. Dalam pidato acara COMDEX/Fall 2000, Bill Gates mengumumkan kemampuan versi beta pertama Visual Studio.NET dan .Net Framework, dua teknologi kunci untuk memungkinkan para pengembang membangun XML Web Services pada platform .NET. XML Web Service merupakan aplikasi dan komponen yang dibuat tersedia melewati situs dengan menggunakan XML dan Simple Object Access Protocol (SOAP) dan kunci yang dapat diprogram untuk membangun generasi masa depan Inernet. Microsoft membuat Visual Studio.NET Beta 1 dan .NET Framework tersedia bagi jutaan pelanggan dan rekanan industri.
->> 13 Februari 2002
Microsoft mengumumkan kemampuan dari Visual Studio.NET versi akhir.
Ringkasan Versi:
1). Visual Basic 1.0: 1991
2). Visual Basic 2.0: 1992
3). Visual Basic 3.0: 1993
4). Visual Basic 4.0: 1996
5). Visual Basic 5.0: 1997
6). Visual Basic 2008: 1998
7). Visual Basic 7.0: 2003
8). Visual Basic 8.0: 2005
9). Visual Basic 9.0: 2008
Bukan sebuah rahasia lagi bahwa Visual Basic merupakan sebuah bahasa pemrograman favorit bagi banyak programmer. Seperti kita ketahui, Visual Basic adalah sebuah bahasa pemrpgraman pembuat aplikasi visual berbasiskan system operasi Microsoft Windows. Pada awalnya Visual Basic dirilis sejak versi 1.0 dan untuk versi 2008nya dikeluarkan oleh Microsoft pada pertengahan 1998 dan telah mengalami banyak perkembangan, Visual Basic menjadi popular karena kemudahan desain formnya secara visual.
-Roy Larry-
(SultanLuckQ)

10 thoughts on “Sejarah Visual Basic

  1. I just want to tell you that I’m very new to weblog and honestly enjoyed your web-site. Very likely I’m want to bookmark your site . You really have fabulous stories. Thanks a bunch for revealing your website page.

  2. I just want to tell you that I’m newbie to weblog and really enjoyed your website. More than likely I’m want to bookmark your blog post . You surely have superb writings. Bless you for revealing your webpage.

  3. I just want to say I’m new to weblog and seriously liked your web blog. Almost certainly I’m want to bookmark your blog post . You amazingly have awesome posts. Thanks a lot for sharing your website page.

  4. The new Zune browser is surprisingly good, but not as good as the iPod’s. It works well, but isn’t as fast as Safari, and has a clunkier interface. If you occasionally plan on using the web browser that’s not an issue, but if you’re planning to browse the web alot from your PMP then the iPod’s larger screen and better browser may be important.

  5. I’ll gear this review to 2 types of people: current Zune owners who are considering an upgrade, and people trying to decide between a Zune and an iPod. (There are other players worth considering out there, like the Sony Walkman X, but I hope this gives you enough info to make an informed decision of the Zune vs players other than the iPod line as well.)

  6. This is the right webpage for anyone who hopes to learn more about this topic. You understand so much understanding it is impossible to not to agree with your viewpoint — not that I personally would like to. You certainly put a new spin on a topic that has been written about for many years. Great stuff!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s