Sekilas Visual Basic

Visual Basic merupakan cara termudah dan tercepat untuk membuat aplikasi yang dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows.
Lalu apa sebenarnya definisi dari Visual Basic itu sendiri ? Kata “Visual” merujuk kepada metode yang digunakan untuk membuat antar muka yang bersifat grafis Graphical User Interface(GUI). Daripada menulis berbaris-baris kode untuk menjelaskan pemunculan dan lokasi dari suatu elemen di antar muka, Anda dengan mudah dapat menambahkan obyek yang sebelumnya sudah dibangun kedalam tempat dan posisi yang Anda inginkan dilayar Anda. Jika Anda pernah menggunakan program untuk menggambar seperti Paint, maka Anda sebenarnya sudah memiliki keahlian untuk membuat sebuah antar muka penggun secara efektif.
Kata “Basic” merujuk kepada bahasa BASIC (Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code), sebuah bahasa yang digunakan oleh banyak programmer dibandingkan dengan bahasa lainnya dalam sejarah komputer. Visual Basic telah berubah dari bahasa asli BASIC dan sekarang memiliki ratusan pernyataan(statements), fungsi (function), dan kata kunci (keywords), dan kebanyakan diantaranya terkait dengan antar muka grafis di Windows.
Bahasa pemrograman Visual Basic tidaklah identik dengan Visual Basic saja. Sistem Pemrograman Visual Basic dalam bentuk edisi Aplikasi, telah dimasukkan ke dalam Microsoft Excel, Microsoft Access dan banyak aplikasi Windows lainnya juga menggunakan bahasa yang sama. Visual Basic Scripting Edition (VBScript) adalah sebuah bahasa skrip yang digunakan secara lebih umum dan merupakan bagian dari bahasa Visual Basic. Dengan mempelajari Visual Basic, maka Anda akan dibawa ke area-area yang telah disebutkan tadi.
Apakah tujuan Anda untuk membuat sebuah utility sederhana untuk diri Anda sendiri atau untuk kelompok kerja Anda, sebuah sistem berskala perusahaan atau bahkan aplikasi yang terdistribusi melalui Internet, Visual Basic memiliki perangkat yang Anda butuhkan.
Fitur Data Access membolehkan Anda untuk membuat database, aplikasi front-end, dan komponen di sisi server (scalabel server-side components) untuk hambpir semua format database yang terkenal, termasuk Microsoft SQL Server dan database level perusahaan lainnya.
Teknologi ActiveX membolehkan Anda untuk menggunakan fungsionalitas yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi lainnya, seperti pengolah kata Microsoft Word, Microsoft Excel spreadsheet dan aplikasi Windows lainnya. Anda bahkan dapat mengotomatisasikan aplikasi-aplikasi dan obyek-obyek yang dibuat dengan menggunakan edisi Professional atau Enterprise Visual Basic.
Kemampuan Internet membuatnya mudah menyediakan pengaksesan ke dokumen-dokumen atau file-file dan aplikasi-aplikasi melalui Internet atau Intranet dari dalam aplikasi Anda, atau dengan membuat aplikasi Internet Server.
Aplikasi akhir Anda nantinya akan berbentuk sebuah file.exe yang meggunakan Visual Basic Virtual Machine dan dapat Anda distribusikan secara bebas.
-Roy Larry-
(SultanLuckQ)

One thought on “Sekilas Visual Basic

  1. I simply want to tell you that I am just new to blogging and definitely loved you’re blog site. More than likely I’m want to bookmark your blog post . You certainly come with terrific writings. Many thanks for sharing your website.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s