PENGANTAR ALGORITMA *1

Sistem Komputer
Sebuah sistem komputer terdiri atas hardware, software dan brainware. Suatu sistem komputer dapat bekerja karena ketiga komponen di atas bekerja sama sehingga hardware dapat diakses oleh brainware menggunakan software, terutama dengan menggunakan sistem operasi. Selain itu, dengan menggunakan berbagai software aplikasi, brainware juga dapat memanfaatkan sistem komputer untuk berbagai hal guna meningkatkan produktivitasnya. Penggunaan software pembuat program juga dapat membantu hardware, terutama programmer, untuk menciptakan software aplikasi baru yang membuat sistem komputer semakin canggih dan berdaya guna.
Karena algoritma berfokus pada software, maka akan dibahas lebih detail mengenai software(program). Program adalah kumpulan instruksi tersendiri yang dimengerti oleh komputer yang biasa disebut sebagai source code. Kumpulan instruksi ini dibuat oleh programmer. Jadi, Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. Instruksi (Statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) yang sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan dimana mempunyai komponen input, proses dan output.
Pengertian Algoritma
Secara sederhana algoritma adalah urutan langkah yang logis untuk menyelesaikan masalah tertentu. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu , tidak boleh melompat-lompat. Secara definisi, algoritma adalah alur pemikiran logis yang dapat dituangkan ke dalam bentuk tulisan Yang ditekankan pertama adalah alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat berbeda dengan algoritma orang lain. Sedangkan penekanan kedua adalah tertulis, yang berarti dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu. Gambar atau simbol-simbol dalam algoritma sering disebut Flowchart.
Kta algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khwarizmi, ilmuwan Persia yang menulis kitab Al Jabr W’al-muqabala (Rules Of Restoration and Reduction) sekitar tahun 825 M, yang berasal dari Irn. Algoritma masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya teknologi komputer ke Indonesia.
Proses pembuatan Software aplikasi membutuhkan 4 tahapan, yaitu:
1. Requirement, yaitu tahap mencari tahu kebutuhan user/klien, bisa dilakukan dengan wawancara, bertemu secara langsung atau dengan melihat program yang pernah ada.
2. Design, yaitu tahap membuat prototypr/bentuk program interface(tampilan program) yang bakal dibuat namun belum fungsional.
3. Implementation, yaitu tahap di mana programmer melakukan pengkode-an program secara nyata hingga semua fungsionalitasnya terpenuhi dan benar.
4. Testing, yaitu tahapa setelah program jadi. Program dites apakah semua fungsionalitasnya benar-benar sesuai dengan requirement yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Sebenarnya masih ada satu tahapan lagi, yaitu tahap maintenence, yaitu tahap dimana setelah program valid jadi maka program harus dipelihara, dapat di-update, di-backup, atau mungkin ditingkatkan versinya, di-patch, dan lain-lain sampai jangka waktu tertentu. Contoh maintenence yang bisa dilihat pada versi program yang selalu meningkat dan diperbaharui secara berkala.

Be Contionued

2 thoughts on “PENGANTAR ALGORITMA *1

  1. I just want to say I’m all new to weblog and truly enjoyed your web blog. Almost certainly I’m going to bookmark your website . You definitely come with incredible writings. Kudos for sharing your web-site.

  2. Zune and iPod: Most people compare the Zune to the Touch, but after seeing how slim and surprisingly small and light it is, I consider it to be a rather unique hybrid that combines qualities of both the Touch and the Nano. It’s very colorful and lovely OLED screen is slightly smaller than the touch screen, but the player itself feels quite a bit smaller and lighter. It weighs about 2/3 as much, and is noticeably smaller in width and height, while being just a hair thicker.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s