IBD & ISD Vs IPS

Dewasa ini, sering kita mendengar istilah Softskills dalam berbagai bidang, khususnya di dunia edukasi. Apakah ada yang tahu istilah ini ?
Secara harafiah softskills berarti kemampuan yang ada dalam diri seseorang. tetapi jika menelaah semakin dalam softskill merupakan suatu kemampuan yang tidak hanya di bidang akademik, profesi tetapi juga kemampuan pribadi.
Di dunia edukasi, sekarang banyak sekolah khususnya perguruan tinggi berlomba-lomba untuk membuat mata kuliah dasar umum (Softskills). Softskills adalah unsur yang sangat penting bagi proses pembentukan karakter/pribadi setiap individu yang sesuai dengan karakter bangsa Indonesia khususnya. Softskills terdiri atas ISD( Ilmu Sosial Dasar), IBD ( Ilmu Budaya Dasar)
Sumber filsafat yang menjadi ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
a. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi dan lain-lain.
b. Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, sejarah, Psikologi, geografi dan lain-lain.
c. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, kesenian dan lain-lain.
Jika mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti di atas, maka Ilmu Sosial Dasar & Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
ISD & IBD tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak dapat di padukan.
Sekilas IBD & ISD adalah sama dengan Ilmu Pngetahuan Sosial, tapi keduanya memiliki persamaan dan perbedaan satu sama lain.
Berikut perbedaan antara keduanya:
1. IBD & ISD diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial di berikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
2. IBD & ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedag Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (SMP & SMA).
3. IBD & ISD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian , sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
Berikut persamaan antara keduanya:
1. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
2. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
IBD & ISD merupakan mata kuliah softskills yang sudah terdapat di beberapa Universitas di Indonesia.
IBD & ISD merupakan suatu hasil pemikiran yang sederhana tetapi memberikan manfaat yang luar biasa karena dengan lulusan sarjana perguruan tinggi yang cakap dan ahli dalam bidang yang ditekuninya serta mau dan mampu mengabdikan keahliannya untuk kepentingan masyarakat Indonesia.
(Harwantoyoko & Neltje F Katuuk : Penerbit Gunadarma)

2 thoughts on “IBD & ISD Vs IPS

  1. Nice that cultrual studies is included now. Culture and herritage is important. Helps with self id before deciding on a career.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s