Masyarakat dan Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK) #

Ilmu pengetahuan (Sciences) merupakan hal utama yang mesti dimiliki oleh setiap manusia. Ilmu pengetauan dan proses belajar tidak hanya yang didapatkan di sekolah formal tetapi juga informal. Segala hal yang dimiliki baik itu ilmu pengetahuan dan juga Keterampilan (Skill), merupakan nilai tambah (Add Value) bagi manusia itu sendiri.
90361Perkembangan Iptek
Seiring perkembangan zaman, Ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang semakin maju sebut saja Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK) salah satunya contohnya. IPTEK merupakan kombinasi dari ilmu pengetahuan yang berbasis pada teknologi dan terus menerus dilakukan inovasi-inovasi baru dari tahun- ke tahunnya oleh kalangan yang mampu merapkan Ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Banyak hal positif dengan meningkatnya Ilmu Pengetahuan & Teknologi, khususnya untuk meningkatkan sumber daya manusia & sumber daya alam. Dengan adanya perkembangan teknologi akan memberikan contribution yang besar baik bagi masyrakat pada umunya maupun bagi negara. Secara luas adanya IPTEK ini akan ikut mempengaruhi kondisi perekonomian masyarakat tidak hanya kalangan atas tetapi juga masyarakat miskin.
Specificly, kemajuan teknologi akan sedikit mengurangi kemiskinan yang ada. Karena saat ini telah banyak pabrik-pabrik yang membutuhkan karyawan dalam jumlah yang besar, baik itu pabrik/industri textile, food & beverage, machine dan lain-lain. Ini merupakan suatu perubahan menuju ke arah yang lebih baik pada penurunan rakyat miskin tiap tahunnya.
Di atas adalah sebagian kecil dari dampak positiv tehadap adanya perkembangan iImu pengetahuan & Teknologi pada manusia. Tidak hanya berdampak positif tetapi perkembangan IPTEK juga memberikan dampak yang tidak bagi orang-orang yang tidak mampu mempergunakan teknologi sebaik mungkin. Hal ini jelas terlihat pada masyrakat awam, khususnya masyrakat dari kalangan bawah. Bukan hal yang tabuh lagi, anak-anak kini telah menjadi bagian yang ikut terlibat di dalamnya. Internet merupakan “obat” bagi anak-anak yang tidak mempunyai space untuk bermain. Hal ini seharusnya menjadi perhatian khusus bagi para orang tua & pemerintah, agar menjaga ruang-ruang yang pantas bagi anak-anak untuk berkreasi di dunia Maya. Seperti yang di kutip dari http://mobiletech-news.com/2012/06/hanya-5-orangtua-yang-sadar-ada-bahaya-di-dunia-maya/

Hanya 5% OrangTua Yang Sadar Ada Bahaya di Dunia Maya
” Ada banyak bahaya yang mengintip di berbagai sudut internet dan seringkali anak-anak kita tidak siap menghadapi bahaya ini. Namun, sepertinya para orang tua masih merasa internet aman bagi anak mereka. Survei Harris Interaktif yang digelar terhadap 9.000 orang tua pengguna internet di Amerika Serikat, Rusia dan Eropa pada Februari – Maret 2012 menyebutkan hanya 5% orang tua yang melindungi anak mereka agar tidak mengakses situs-situs dengan konten ‘dewasa’. “images
Tentunya hal ini bukan hanya terjadi di luar negeri, tetapi ini juga terjadi di Indonesia. Dan hal ini bukannya terjadi pada anak-anak yang ber-kemampuan secara financial, melainkan dari kalangan ekonomi bawah juga ada. Internet akan memberikn faedah yang sangat beragam apabila digunakan sesuai kebutuhan, dan juga sebaliknya. Anak-anak & remaja adalah contoh konsumer yang begitu besar terhadap internet. Ada banyak peristiwa buruk yan terjadi akibat belum siap secara “mental” & kemampuan untuk memfilter segal hal yang berbau negativ. Semuanya kembali lagi pada kesadaran untuk menggunakan Internet seperti apa dan bagimana seharusnya & sebaiknya.
Internet hanya salah satu kemajuan Technology. IPTEK hanya akan menjadi mimpi yang indah atau sebaliknya jika tidak disiapkan mental yang baik untuk menerima, menyaring & memanfaatkan. IPTEK tanpa Iman dan Taqwa (IMTAQ) akan menjadi timbangan yang berat sebelah. Oleh karena itu, mesti ada keimbangan satu sama lain. Jadi, IPTEK & IMTAQ adalah harmoni yang baik.

2 thoughts on “Masyarakat dan Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK) #

  1. Sure the less labor the more openings in the people service business which pays more with less work. The need for parental guidance on the internet develops more in the service industry using technology. even an internet itself can offer several options. Basically with technology and facts of operation, ability available more people can enter the service industry to develop their own ideas on how to service needs. Don’t force what does hurt on people and the ways of servicing and make a profit becomes good fair competition. It also role models changing down healthy and choices to make a profit, living on that you did yourself.

    Can’t own all people service.

  2. Right. Therefore i Published these.
    I’m happy with Technology Progress, but there is a little bit bad impact.
    Especilaly for Child and Teens when they used the Technology. The Problem at the Control. Many Parents didn’t watch their child when use the Technology, moreover Internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s