Peran Pahlawan Indonesia #

Meskipun “Hari”-nya telah berlalu tetapi budi-budi luhurnya akan selau terkenang di hati setiap bangsanya. 10 November 1945 adalah tonggak sejarah bagi seluruh bangsa Indonesia, dimana pada saat-saat itu Indonesia telah memproklamirkan dirinya sebagai negara yang merdeka. Bukan tanpa sebab, Indonesia kembali ingin di jajah oleh Inggris yang diboncengi oleh Belanda, dimana kedatangannya ini ingin membuat Indonesia kembali bertekuk lutut dibawah jajahan Belanda. Sebagai negara yang telah memproklamirkan dirinya, Indonesia tidak ingin kembali di jajah oleh bangsa manapun. Seluruh kalangan muda maupun tua telah bersatu untuk mengusir penjajah dari tanah air Indonesia dengan pertumpahan darah yang terjadi dimana-mana. Puncak terjadinya pertempuran adalah saat terbunuhnya Brigadir Jenderal W.S Mallaby. Mallaby adalah Pimpinan tentara Inggris di Jawa Timur.
Setelah terbununya Mallaby, kemudian keluarlah Ultimatum 10 November 1945 yang dikeluarkan oleh pengganti Brigjen Mallaby yang menyatakan bahwa seluruh bangsa Indoneia harus menyerah kepada Inggris, hingga pada pukul 6.00 pagi. Indonesia bukan lagi boneka Belanda yang bisa dengan mudah tunduk dengan Belanda, Hingga pukul 6.00 pagi para pejuang Indonesia saat itu tidak mendengarkan Ultimatum tersebut. Sehingga kemarahan tentara Inggris tak terbendung lagi, mereka mengerahkan ribuan serdadu, dan puluhan kapal perang (darat laut, maupun Udara) untuk menaklukan penduduk Indonesia khususnya di Surabaya pada 10 November pagi. Serangan ini terus berlanjut hingga sebulan, hingga akhirnya jatuh di tangan tentara Inggris. Karena banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban, maka di jadikanlah 1o November sebagai HARI PAHLAWAN. Pelawanan rakyat-rakyat Surabaya menjad motivasi bagi seluruh rakyat di berbagai daerah untuk mempertahankan daerahnya dari jajahan Inggris.
Pahwalan bermakna begitu dalam di hati seluruh bangsa, karena Pahlawan memberikan peran yang luar biasa pentingnya bagi keberadaan kita hingga saat ini. Para Pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran merelakan nyawanya untuk memperjuangkan Tanah Air Indonesia agar tidak terjajah lagi. Begitu mulia niat tulus ini, sehingga kemerdekaan pun dapat diraih oleh Bangsa Indonesia. Sebagai penulis suatu hal yang membanggakan menjadi penerus bangsa ini, demi kemajuan negara yang telah susah payah dimerdekakan oleh para pejuang tanah air. Indoneisa telah merdeka selama 67 tahun, dan saat inilah kita senbagi penerus bangsa yang bergera untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif, hal-hal yang dapat membanggakan di dalam negeri maupun di kanca Internasional, menjadi suri tuladan bagi bangsa-bangsa lain, sehingga dalam mengisi kemerdekaan ini dapat menjadi tolak ukur kemajuan bangsa kita, Bangsa Indonesia. KAMI BANGGA MENJADI INDONESIA…..

3 thoughts on “Peran Pahlawan Indonesia #

  1. you should be proud of your country. All should be. We are in the mist of the war to end all war. Democracy for all countries and enjoy all your own heritages without any trying to usurp again. All should be proud of their heritages not their constant fights.

      • Work to keep those things you like to do from being organized, zoned, classed. Do then where and when you will. That is the only acceptable healthy commerce.

        Do not allow any to lead you from your heritage under any guise. DO it all the way you what to. People don’t like it, they can move. find another block to control and opinion themselves to death.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s